About Us

14:25, 20 April 2016 | Chiira

Tentang Tiramisu Fansub Indonesia

 

NewTiramiSubs

Tiramisu Fansub Indonesia adalah sebuah keluarga, di mana anggota keluarganya memiliki hobi sama, yakni memberikan takarir Indonesia pada suatu anime. Kami bukan Tirami Fansub, bukan juga Tira Fansub. Kami Tiramisu… Tiramisu, itu loh kue. Nama Tiramisu memang diambil dari kue tiramisu yang terkenal manis.

Garapan pertama TiramiSubs rilis pada 5 April 2013 yang juga diindikasikan sebagai awal berdirinya / lahirnya TiramiSubs dengan anggota awal Chiira dan Arief D. Mole. TiramiSubs lahir dari seseorang yang pada awalnya awam terhadap dunia Jejepangan. Namun, seiring berjalannya waktu, kami terus berkembang sehingga menjadi fansub manis saat ini dengan jumlah staff yang bisa kamu lihat di halaman “Staff”.

LogoBaru2

Bagaimana awal terbentuknya TiramiSubs? Kenapa tercipta oleh seseorang yang bahkan awam terhadap dunia Jejepangan?

Pada 4 April 2013, Chiira menonton anime ke-4 dalam hidupnya (dulunya dia baru nonton Nichijou, Chuunibyou dan Tamako Market). Pada saat menonton, terlintas di pikirannya “bagaimana cara membuat subtitle / takarir dalam sebuah video?”, “Apa enaknya membuat sebuah takarir?”. Di hari itu juga ia langsung belajar seharian cara membuat takarir, blog sampai teknik encoding dan muxing. Esoknya, ia memberikan anime yang sudah ia kerjakan ke Arief D. Mole untuk diupload, karena kebetulan Arief mempunyai koneksi yang memadai. Karena merasa “ketagihan” dengan hobinya itu, Chiira terus menekuninya bersama Arief.

Tapi ia sadar kalau keluarga kecilnya itu kekurangan anggota (kewalahan, baru awal musim dah garap 3 anime). Akhirnya ia mengajak temannya yang memang bisa dibilang punya wawasan luas terhadap Jepang, yaitu Adhan. Informasi tentang TiramiSubs pun terus menyebar hingga banyak relawan yang ingin mencoba hobi tersebut, dari berbagai daerah. Kami saling belajar, saling melengkapi dan saling memberi saran sehingga keahlian masing-masing relawan terus berkembang hingga saat ini. Urutan daftar staff di halaman “Staff” adalah urutan waktu bergabungnya masing-masing staff dari yang paling lama sampai ke yang baru.

“Menjalani hobi fansub memang tidak mudah, tapi kami anggap semua itu menyenangkan. Kami tidak menyesali waktu yang terbuang, apapun itu hal yang baru, kami jadikan ilmu.”